CNN : “BAGAIMANA K-POP MEMPEROLEH KEUNTUNGAN MELALUI IMEJ.”

null

Baru-baru ini CNN menulis sebuah artikel tentang “Bagaimana K-Pop Memperoleh Keuntungan Melalui Imej.”

Dilaporkan kalau sepanjang periode 2011-2012, K-Pop telah tumbuh hampir sebesar 50%. Bahkan berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar $290 juta tahun lalu. Sumbernya beraneka macam, seperti tiket konser yang terjual habis dalam hitungan menit dan pembelian album, DVD, serta photobook oleh fans dalam waktu singkat.

Para idol menghabiskan beberapa tahun berlatih vokal dan dance sebelum membuat debut. Seringkali, mereka juga harus belajar bahasa asing, contohnya bahasa Jepang atau bahasa Cina sebagai bentuk persiapan memasuki pasar asing. Mike Suh, ketua bidang strategi dan bisnis global CJ E&M, menuturkan kalau proses latihan yang panjang sangat dibutuhkan sehingga ketika pertama kali muncul, mereka mampu dengan cepat menarik perhatian fans.

Di industri K-Pop, imej memilliki peranan penting dalam menentukan kesukesan seorang idol. Para idol dituntut berhati-hati ketika berbicara atau bertingkah laku. Bahkan sedikit saja salah bicara mampu menyebabkan masalah yang serius. Agency bahkan secara terus-menerus memperhatikan sikap idolnya dari waktu-waktu. Artikel ini menggunakan sikap sopan Crayon Pop ketika menghadiri MAMA dan kontroversi yang dilakukan oleh Block B, Se7en, dan Jay Park sebagai contoh.

Di sisi lain, satu skandal juga bisa memberi dampak pada pendapatan (pajak) sebuah perusahaan. Ketika G-Dragon positif menggunakan mariyuana pada tahun 2011 lalu, YG Entertainment mengurangi IPO (Initial Public Offering/Penawaran Saham Perdana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada investor umum melalui pasar modal) atau saham mereka sampai 10%.

Pada MAMA tahun ini, fans dari seluruh penjuru Asia berada di area tunggu. Dengan tidak sabar menantikan kedatangan idola favorit mereka masing-masing. Mereka mengetahui hampir segalanya tentang sang idola, bahkan mereka sampai membuat fan account tentang kejadian yang berlangsung dan apa yang mereka lakukan di suatu acara. Dedikasi dari fans inilah yang mampu menjadikan K-Pop terus berkembang dari hari ke hari.

Sebagai gantinya, para idol menunjukkan perhatiannya pada fans dengan memberikan “fan service”. Idol muncul di berbagai kesempatan seperti acara tanda tangan dan acara “high touch”. Beberapa idol juga aktif di media sosial Twitter serta Google Plus, mengunggah banyak foto dan menulis kegiatan yang mereka lakukan sehingga mampu membuat fans tidak ketinggalan berita. Agency pun tidak mau kalah. Mereka memiliki akun Youtube untuk mengunggah video musik dan video-video lain yang tidak kalah menarik seperti ucapan salam Chuseok dari para idol.

Sementara beberapa orang berpikir kalau video dan kegiatan dimana idol berinteraksi secara langsung dengan fans merupakan cara yang bagus untuk saling berhubungan, tidak sedikit fans yang bepikir berbeda. Menurut mereka, hubungan antara mereka dengan idola malah terkesan jauh karena video-video yang diunggah oleh idol ternyata agency gunakan sebagai alat pengontrol kelakuan si artis dan ritme industri.

Source : soompi
Indotrans : lilulalelo@koreanindo.net

Repost by: Nokopyon

TAKE OUT WITH FULL CREDITS ~^^~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s